Glenn Fredly

the-frontdoor.com –Glenn Fredly The Movie‘ yang disutradarai oleh Lukman Sardi akhirnya tayang di bioskop pada 25 April 2024. Film ini menarik perhatian hampir seluruh masyarakat Indonesia, terutama para penggemar almarhum Glenn Fredly.
Film ini bukan dipandang secara biopik saja, melainkan berbagai isu kemanusiaan hingga kekeluargaan diangkat dalam film ini. Kisah ini berawal dari tekad dan keinginan yang kuat dalam mengadakan sebuah konser musik dengan tujuan untuk memperkuat perdamaian di Kota Ambon. Pada akhirnya, Glenn pun menggunakan seluruh pendapatannya untuk menggelar konser tersebut.

Berdasarkan sinopsis yang diunggah di Instagram resmi Glenn Fredly the Movie, Kisah ini bermula dari tahun 1999, ketika Glenn Fredly menghadapi kesulitan dalam karirnya, ia hampir dipecat dari label dan mengalami perpisahan dengan Nola, pacarnya selama tujuh tahun. Namun, hidupnya seketika berubah dengan rilisnya lagu ‘Januari’ yang berhasil laris di pasaran. Kemudian, Glenn dibantu oleh adiknya yang bernama Uchie untuk merekrut manajer professional untuknya.

Cerita berawal ketika karier Glenn Fredly (Marthino Lio) tengah naik daun pada awal 2000-an. Namanya menjadi perbincangan usai merilis lagu Januari yang meledak di pasaran. Lagu itu berhasil membuat nama Glenn Fredly menjadi semakin populer. Namun, ia menyadari popularitas tersebut membawa tanggung jawab baru untuk memberikan perubahan positif bagi masyarakat.Motivasi Glenn Fredly untuk membawa suatu perubahan itu muncul di tengah memanasnya konflik di Ambon. Kampung halaman penyanyi tersebut bergejolak sejak akhir 1990-an.

Glenn bahkan sempat mengalami teror ketika gereja tempat dirinya tampil diserang. Ia kemudian bertekad untuk ikut andil merangkul perdamaian di Ambon. Tekad itu mendorong Glenn menggelar konser musik di Ambon. Ia bahkan merelakan semua penghasilannya untuk menghelat konser itu, meski kondisi ekonominya belum mujur. Di tengah ambisi besarnya itu, Glenn Fredly juga berhadapan dengan berbagai konflik di kehidupannya sendiri. Ia masih sulit untuk berdamai dengan ayahnya (Bucek Depp) setelah bertahun-tahun.

Hubungan dengan sang ayah juga menghadirkan dilema bagi Glenn. Ia enggan disamakan seperti ayahnya, tetapi juga tidak dapat mengabaikan jasa sang ayah bagi karier musiknya. Perjalanan hidup Glenn Fredly juga tak lepas dari hubungannya dengan istrinya, Mutia Ayu (Zulfa Maharani). Mutia menjadi orang paling dekat dengan Glenn hingga mereka dikaruniai anak pertama, Gewa. Glenn Fredly The Movie menjadi proyek terbaru Lukman Sardi sebagai sutradara setelah film Di Antara Cinta dan Guest List pada 2018. Ia memulai debut pengarahan pada 2009 lewat film pendek bertajuk Sang Penjahit.

Film biopik Glenn Fredly turut digarap Daniel Mananta sebagai produser. Sebelumnya, presenter ternama ini juga menjadi produser dalam film biopik Susi Susanti: Love All pada 2009. Selain Marthino Lio, film itu juga dibintangi Zulfa Maharani, Sonia Alyssa, Bucek Depp, Ruth Sahanaya, Winky Wiryawan, hingga Sahira Anjani.Glenn Fredly the Movie tayang di bioskop mulai 25 April.

Daftar Pemain Glenn Fredly The Movie

Berikut adalah deretan aktor dan aktris yang berperan dalam film ‘Glenn Fredly The Movie’- Marthino Lio sebagai Glenn Fredly
– Zulfa Maharani sebagai Mutia Ayu
– Sonia Alyssa sebagai Dewi Sandra
– Bucek Depp sebagai Hengky David Latuihamallo
– Ruth Sahanaya sebagai Linda Mirna Siahaya-Latuihamallo
– Sahira Anjani sebagai Uci
– Winky Wiryawan sebagai Felix
– Gilbert Pattiruhu sebagai Pastor Jack Manuputty
– Aufa Assagaf sebagai Frans Sulilatu
– Alyssa Abidin sebagai Riafinola Ifani Sari
– Piet Pagau sebagai Pastor
– Almanzo Konoralma sebagai John Wattimena
– Elkie Kwee sebagai Jan Djuhana
– Pedro Tomasow sebagai Hengki’s Father
– Helmy Wilson sebagai Alwy
– Juan Hendry sebagai Othe
– Chanceline Ebel sebagai Hedlin
– Kaçamelyv Prakaça sebagai Febri

Kelebihan film Glenn Fredly The Movie

Film Glenn Fredly The Movie menyajikan transisi adegan yang menarik sejak awal. Lukman Sardi mengemas pergantian lokasi dan kejadian dengan halus lewat kamera yang bergeser. Selain itu, penampilan Marthino Lio dalam cara berdialog juga tampak mirip dengan Glenn Fredly, meski memang tidak bisa 100 persen ya. Pemiiihan karakter untuk sederet pasangan Glenn semasa hidupnya juga secara mengejutkan cukup mirip dengan aslinya. Tak berfokus pada karya-karyanya saja, film ini kuat memuat pesan soal kerusuhan di Ambon, halaman kampung Glenn, serta m

Kekurangan film Glenn Fredly The Movie

Di balik premisnya yang menarik, sayangnya masih ada beberapa kekurangan dalam film ini. Yang cukup terasa oleh penulis selama menonton adalah kamera terlalu shaky di beberapa momen para tokoh berdialog.b Selain itu, penulis juga berpendapat bahwa beberapa kisah yang diangkat di film ini terasa juga ada yang tergantung begitu saja tanpa penyelesaian. Saat Glenn dihadapkan pada satu masalah, mendadak kisah berlanjut begitu saja bak melupakan masalah tersebut.

 


Posted

in

by